-->

Header Menu

Ketentuan Usia Pensiun PNS Terbaru, Bagaimana dengan Guru ASN-PPPK?

Batas usia pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang enduduki jabatan fungsional (JF) telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam hal ini, usia pensiun PNS tergantung pada masing-masing jabatan


PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu dan diangkat sebagai Pegawai Aparatur Sipil Negara secara tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Tahap 3 KLIK DISINI

Rincian Pasing Grade Berdasarkan Mata Pelajaran DOWNLOAD DISINI

Informasi Lengkap Tentang Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap 3 CEK DISINI

Ketentuan Usia Pensiun PNS

Ketentuan batas usia pensiun PNS tertuang dalam Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 tentang Batas Usia Bagi PNS yang Memegang Jabatan Fungsional. Surat tertanggal 3 Oktober 2017 ini menyebutkan, batas usia pensiun PNS minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun.

Secara umum, batas usia pensiun PNS terbagi menjadi tiga tingkatan usia, yakni 58 tahun, 60 tahun, dan 65 tahun. Berikut pembagian selengkapnya:

1. Usia 58 tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan.

2. Usia 60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya.

3. Usia 65 tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.

4. PNS yang berusia di atas 60 tahun dan menduduki JF ahli madya sebelum aturan ini diberlakukan, maka batas usia pensiunnya adalah 65 tahun.

5. PNS yang berusia di atas 58 tahun dan sedang menduduki JF ahli pertama, JF ahli muda, dan JF penyelia sebelum aturan ini diberlakukan, maka batas usia pensiunnya adalah 60 tahun.


Baca juga: 4 Kelas Jabatan Guru PNS dari Terendah hingga Tertinggi, Ini Pembagiannya

Bagaimana dengan Guru ASN-PPPK?

Seperti diketahui, saat ini pemerintah tengah melakukan rekrutmen guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014, PNS diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Sementara itu, PPPK diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Alami Perubahan, Versi BKN Dua Instansi Ini Nihil Pelamar, Segera Daftar CASN

Baca Juga : Dear Pelamar CPNS dan PPPK 2021, 5 Instansi Ini Tunjangannya Paling Tinggi di Indonesia Kalahkan Gaji PNS

Baca Juga : Ramai-ramai Daftar CPNS 2021, Ternyata Ini Perbedaan PNS, ASN, dan PPPK

Dalam kata lain, PNS merupakan pegawai tetap sementara PPPK merupakan pegawai kontrak. Dengan demikian, masa kerja guru PPPK berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan minimal satu tahun dan dapat diperpanjang.

Itulah batas usia pensiun PNS. Adapun, PNS yang telah mencapai batas usia tersebut akan diberhentikan dengan hormat sebagai PNS.

Sumber : https://www.detik.com/

0 Response to "Ketentuan Usia Pensiun PNS Terbaru, Bagaimana dengan Guru ASN-PPPK?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel