-->

Header Menu

Pengangkatan Guru Dan Tenaga Pendidik Menjadi ASN, Revisi UU ASN Harus Pro Guru Honorer

Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Amendemen beleid tersebut harus pro guru honorer.

 


Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Ahmad Syamsurizal ingin revisi UU ASN dapat menyempurnakan ketentuan pengangkatan tenaga pendidik menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Dia meminta kementerian/lembaga terkait duduk bersama merumuskan hal tersebut.

CEK Nama Guru Honorer Diseluruh Indonesia Laman Resmi Dashboard GTK bisa lihat KLIK DISINI

Laman Resmi Dashboard GTK bisa lihat KLIK DISINI

"Mudahan segera dapat duduk bersama menghitung ulang bagaimana kebutuhan tenaga pengajar, kebutuhan tenaga pendidik, yang kemudian diseimbangkan juga dengan potensi yang ada di Tanah Air ini. Itu yang akan kita dorong segera," kata Cucun dalam keterangan tertulis, Kamis, 1 April 2021

Hal senada disampaikan oleh Ketua Komisi X Syaiful Huda. Menurut dia, dibutuhkan perubahan regulasi agar payung hukum mengenai profesi guru lebih komperhensif.

"Regulasi yang ada yang masih dianggap belum sepenuhnya dalam semangat membangun kebijakan yang holistik terkait dengan guru ini," kata Huda.

Selain itu, dia menyampaikan regulasi yang belum memadai berdampak pada kebijakan negara terhadap nasib guru. Sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan profesi guru yang sesungguhnya.

Baca Juga : HORE!!! Guru Honorer Berusia Di Atas 40 Tahun Dan Berstatus Aktif 3 Tahun Terakhir Dapat Bonus Masuk PPPK 2021 Dari Mendikbud, Simak Selengkapnya

Baca Juga : Kemenpan-RB Buka Opsi Mudahkan Guru Honorer Jadi PNS Tanpa TES, ALHAMDULILLAH Berikut Penjelasan Lengkap Pengangkatan Menjadi ASN 

"Sebenarnya kebutuhan terkait kebijakan guru honorer ini terlebih mengenai isu kesejahteraan guru, semestinya sudah holistik, konprehensif, dan sempurna," sebut dia.

Hal itu terlihat pada kebijakan yang menutup pengangkatan PNS bagi guru honorer pada tahun ini. Pemerintah lebih mengutamakan perekrutan melalui metode pengangkatan pegawai dengan pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk satu juta guru honorer.

Dia menilai, kebijakan PPPK bagi guru honorer tersebut dianggap solusi jangka pendek. Di sisi lain, pemerintah tidak melakukan pengangkatan ASN untuk profesi guru tahun ini.

Baca Juga : Pengangkatan Guru Honorer Mengabdi Puluhan Tahun Jadi ASN, Wakil Ketua DPR Pemda Usulkan Formasi Guru, Simak SELENGKAPNYA

Baca Juga :  PENGUMUMAN Seluruh Guru HONORER Di Indonesia Seleksi PPPK 2021: Sungguh, Ini Kabar Berbahagia Guru Honorer Akan Tersenyum ALHAMDULILLAH

"Kami kaget di saat bersamaan BKN dan Menpan RB termasuk Kemendikbud tiba-tiba di publik mengumumkan bahwa jalur PNS guru honorer ditutup," ungkap dia.

Dia menegaskan jalan keluar terbaik bagi guru honorer adalah pengangkatan PNS. "Bukan sebagai jalur PPPK, dengan berbagai pertimbangannya,"ujar dia.

Sumber : www.medcom.id

2 Responses to "Pengangkatan Guru Dan Tenaga Pendidik Menjadi ASN, Revisi UU ASN Harus Pro Guru Honorer"

  1. Insya Allah juga yg tenaga kependidikan bisa diangkat menjadi ASN,sy mengabdi jdi tenaga kependidikan sejak thn 2003 sampai dg saat ini bahkan termasuk K2 sampai saat ini belum terangkat PNS,semoga dg adanya program PPP3K,sy bisa diangkat jadi ASN,mohon pertimbabagan🙏🙏

    BalasHapus
  2. Doa kami selalu mengiringi langkah mu para pejuang dunia pendidikan , semoga harapan kami semua dapat segera terwujud sebagai abdi negara yang sesungguhnya ,,( ASN ,PNS )

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel